Sunday, November 3, 2013

Apa itu Trackback ?

Trackback adalah sebuah fasilitas layaknya pemberitahuan kepada blogger bahwa kalau ada url yang telah menautkan tulisannya ke artikel anda yang terbaru (dengan syarat jika pemilik blog tidak mematikan fungsi pingback ini)

Trackback berfungsi memberi tahu kepada blogger kalau kita menulis sesuatu masalah yang berkaitan dengan tulisannya. Sehingga penulis artikelnya dapat melihat / menelusuri ke penulis lain yang menuliskan artikel di blog lainnya.




Terus, cara membuat Pingback dan trackback bagaimana?
  1. Pilih kata di postingan anda yang mau dikasih pingback
  2. Setelah itu, blok kata tersebut.
  3. Klik insert/edit link (Alt+Shift+A),yang ikon-nya seperti rantai di deretan bar atas. Lalu akan muncul kotak dialog yang isinya untuk URL orang yang kita tuju.
  4. Copy alamat URL blog orang yang anda ingin pingback.
  5. Kemudian paste ke kotak dialog tadi, lalu ok.
  6. selesai
Keuntungan
Trackback  menguntungkan dari segi SEO. Blog yang melakukan metode diatas dinamakan interconnected blog [blog yang saling berhubungan].  Sehingga secara tidak langsung Search engine juga akan melihat hal ini sebagai nilai tambah. Kalau belum yakin, coba lihat site info anda di alexa (linked link) adalah contoh kecil dari proses ini. Karena dengan menyimpan link site/blog kita dipihak lain akan menambah “nilai jual” site/blog kita bagi robot pengindeks search engine semacam google.

Kerugian:
Bisa dianggap sebagai Spam / Komentar Sampah / Komentar yang tak berguna

sumber : link 01

No comments :

Post a Comment