Saturday, November 2, 2013

Apa itu Google Reader ?


Google Reader adalah sebuah teknologi dalam dunia maya yang diciptakan oleh google pada 17 September 2007 dengan nama lain yaitu RSS (Really Simple Syndication / Rite Site Summary). Sehingga dengan kata lain RSS ialah sebuah halaman web yang berisi daftar informasi yang terupdate menurut waktu informasi yang dipubliskan, seperti Headline News, Postingan Blogs dan juga file - file podscat yang kemudian dari keseluruhan tersebut diformat kedalam Feed Reader atau Aggregators. 

Manfaat / Keuntungan Dari Google Reader : 
  1. Dapat membuka dan mengakses ke situs berita atau situs lain serta terutama untuk mengakses halaman blog. Dengan sekali internet untuk memperbaharui dan setelahnya dapat diakses secara tanpa koneksi internet
  2. Tidak lagi menemui penghambat browsing, seperti : iklan (ads), link referal, shortener, peghambat berabahaya (contohnya : trojan,virus)
  3. Proses pembacaan lebih cepat. Dapat dilihat puluhan headline dari satu tempat.
  4. Media RSS bisa di-kelompokkan sesuai keinginan.
  5. Bisa ditampilkan di iGoogle, bisa di-share ke public, dan bisa di-export sebagai OPML
  6. Mengakses RSS tanpa perlu mencari dan memasukkan format RSS. Anda hanya perlu memasukkan alamat website yang diinginkan, dan biarkan Google Reader menayangkan RSS-nya untuk Anda.
  7. Bisa di-burning secara sempurna oleh Feedburner keluaran Google
  8. Sifatnya Gratis

Untuk Tipe RSS ternyata ada 2 yaitu : 
  1. Tipe Desktop : RSSOwl, RSS / RDF / Atom News Reader 1.22, Yeah Reader, Fast Track News, Snarfer, Recover Data RSS Reader 2.05, Active Web Reader 
  2. Tipe Smartphone,Handphone : Google Reader, Bloglines 
Demikian Penjelasan mengenai Google Reader / RSS. 
Terima kasih kepada sumber - sumber yang telah berbagi tulisan di artikelnya 
sumber1 : link 1 
sumber2 : link 2
sumber3 : link 3

No comments :

Post a Comment